Search

Senin, 11 Maret 2013

Giovanni Battista Venturi, Fisikawan dan Sejarawan Italia

Giovanni Battista Venturi (15 Maret 1746 - 24 April 1822) adalah seorang fisikawan Italia, sarjana, sastrawan, diplomat dan sejarawan ilmu pengetahuan. Dia adalah penemu efek Venturi, yang dijelaskan pada 1797 dalam bukunya Experimentales Recherches sur le Principe de la Komunikasi dans Mouvement Laterale du les Fluides applique a l'penjelasan de Differens Phenomenes Hydrauliques, diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris pada tahun 1837 oleh Thomas Tredgold sebagai "Experimental Inquiries Concerning the Principle of the Lateral Communication of a Motion in Fluids"di Tracts pada Hyraulics. Karena penemuan ini, ia adalah eponim untuk tabung Venturi, arus meter Venturi dan pompa Venturi.

Lahir di Bibbiano, Italia, di Provinsi Reggio Emilia Giovanni adalah kontemporer Lagrange dan Laplace, dan murid Lazzaro Spallanzani. Ia ditahbiskan sebagai imam pada tahun 1769, pada usia 23, dan pada tahun yang sama diangkat sebagai guru logika di seminari dari Reggio Emilia, di mana ia sebelumnya menerima pendidikan. Pada 1774 ia menjadi profesor geometri dan filsafat di Universitas Modena. Dia kemudian memegang tulisan dari matematika duke, insinyur negara, dan auditor di bawah Duke of Modena. Sebagai insinyur pemerintah yang bertanggung jawab atas pembangunan jembatan, perbaikan aliran air, pengeringan lahan rawa, dan pembentukan peraturan Negara untuk pembangunan bendungan. Pada tahun 1786 ia diberi jabatan profesor fisika eksperimental di Universitas Modena, di mana ia menyelenggarakan laboratorium, melengkapi dengan state-of-the-art peralatan. Selama waktu ini ia juga mampu menyelesaikan memoar sejarah kota Modena, yang telah meninggalkan lengkap setelah kematian Girolamo Tiraboschi, sejarawan ditunjuk.

Venturi pindah ke Paris sebagai Sekretaris delegasi yang dikirim oleh Duke of Modena untuk melakukan negosiasi dengan Agung Dewan Eksekutif. Setelah negosiasi gagal, ia tetap di sana selama satu tahun setengah untuk meningkatkan pengetahuannya tentang fisika dan kimia. Sementara di Paris, ia datang ke dalam kontak dengan beberapa ulama paling terpelajar zaman, seperti Georges Cuvier, René Hanya Haüy, Jean-Baptiste Biot, Jérôme Lalande, Gaspard Monge, Pierre-Simon Laplace, dan banyak lagi. Dia juga menerbitkan risalah, termasuk risalah "efek Venturi" yang terkenal dari 1797. Namun, desain Venturi tidak diterapkan pada alat praktis sampai 1888, ketika Clemens Herschel dianugerahi model paten komersial pertama dari tabung Venturi. Hal ini diikuti pada tahun 1926 oleh tesis sarjana Cecil Aggeler ini itu, "Design of a Venturi Type Current Meter"

Lain risalah Venturi menunjukkan kemampuannya sebagai seorang sejarawan ilmu pengetahuan. Dia adalah yang pertama untuk memperhatikan pentingnya Leonardo da Vinci sebagai seorang ilmuwan, bukan hanya sebagai seniman, dalam buku 1797, Essai sur les ouvrages physico-mathcmatiques de Leonard de Vinci.


sumber: en.wikipedia
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar