Search

Senin, 19 Agustus 2013

Penjumlahan Vektor Dengan Metode Grafis

Menentukan resultan resultan vektor hasil penjumlahan dengan metode grafis dapat dilakukan dengan menggunakan metode jajargenjang dan poligon.

1. Jajargenjang
Metode jajargenjang digunakan untuk memperoleh resultan dua buah vektor. Pada metode jajargenjang terdapat beberapa langkah, yaitu sebagai berikut :
1) Lukis vektor pertama dan vektor kedua dengan titik pangkal berimpit!
2) Lukis sebuah jajargenjang dengan kedua vektor tersebut sebagai sisisisinya!
3) Resultan kedua vektor adalah diagonal jajargenjang yang titik pangkalnya sama dengan titik pangkal kedua vektor.

Photobucket
Pada metode jajargenjang, satu kali lukisan hanya dapat digunakan untuk mencari resultan dua buah vektor. Untuk resultan yang terdiri atas tiga buah vektor diperlukan dua jajargenjang, empat buah vektor diperlukan tiga jajargenjang, dan seterusnya.

2. Poligon
Metode poligon dapat digunakan untuk menjumlahkan dua buah vektor atau lebih. Langkah-langkah menentukan resultan beberapa vektor dengan metode poligon adalah sebagai berikut :

Photobucket

1)Lukis vektor pertama
2)Lukis vektor kedua, dengan pangkalnya berimpit di ujung vektor pertama
3)Lukis vektor ketiga, dengan pangkalnya berimpit di ujung vektor kedua dan seterusnya hingga semua vektor yang akan dicari resultannya telah dilukis.
4)Vektor resultan atau vektor hasil penjumlahannya diperoleh dengan menghubungkan pangkal vektor pertama dengan ujung dari vektor yang terakhir dilukis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar